Tutorial how to edit weapon using ms3d 1.8.4
judul nya doank yang english :P
hahahahaii ,,
=====================================================================================
apa yg dibutuhkan ?
1.software ms3d yg " No Trial " << baca
2.komputer pastinya :D
3.file .mdl yg akan diedit
4.kreatifitas dari agan2 sndri
=====================================================================================
kosakata ..
file .mdl = file induk yg harus dipecahkan jika ingin diedit
file .smd = merupakan file yg didapat ketika memecahkan(decompile) file .mdl
decompile = proses memecahkan file .mdl menjadi bagian2 file .smd
compile = menyatukan file .smd menjadi file .mdl
export = mengexspor file yg sedang kita buat kebentuk file .smd
import = memasukan file
=====================================================================================
step by step :
1.siapkan 2 file dengan format .mdl ,
2.masukan file tersebut kesuatu folder tersendiri(jangan dicampur)
3.decompile file tersebut (pilih tools > Half life > Decompile normal HL mdl file)
-pemilihan decompile
reference = bagian utama file .smd
Sequences = tulang / bones dari weapon tersebut
textures = tekstur dari weapon tersebut
QC file = bagian yang sangat penting , karena dengan folder ini kita akan
meng-compile weapon yg akan kita edit
4.decompile kedua file yang telah dipersiapkan tadi .
5.nah disinilah bagian yg paling menyenangkan , klik file > import > half - life SMD
> pilih salah satu file .smd
6. jika layar sudah menampilkan file .smd yang telah kita import tadi , selanjut nya
tinggal mengimpor file .smd yg kita inginkan cara nya sma sprti step 5
7. nah sekarang kita bisa menggabungkan / mengedit senjata dgn menbambahkan file .smd
=====================================================================================
contoh :saya mengedit ak47.smd yg ad difolder yg saya buat , yaitu folder "ak47 edit" , lalu ingin saya beri scope / kekeran , berarti
file kedua yg harus saya decompile adalah weapon sniper , sprti awp.mdl setelah
saya decompile weapon sniper tersebut , saya cari scope itu berada di file.smd yg mana ? setelah ketemu , saya copy file .smd yg scope tadi+ teksture nya
(mengapa teksture harus dicopy juga ? , karena jika teksture tidak kita copy maka file .smd yg kita import tidak akn bertekstur alias tidak akn berwarna ) ke folder "ak47 edit", setelah saya copy , lalu sesuaikan ukuran dengan mengklik 2x Groups > saya doble klik lagi file .smd yg ingin saya ubah ukuran nya , sampai sketsa yg ada dilayar tampilan berubah menjadi warna merah lalu>menggunakan menu > model> Scale , drag mouse dilayar 1/2/3 (tapi jgn dilayar 4 ) untuk mengatur ukuran , sama hal nya jika ingin mengubah posisi > doble klik lagi file .smd yg berada digroup pilih menu > move , untuk memutar / membalik file yg kita impor tadi , tetap dengan doble klik Groups>file.smd yg akn diatur, klik model >rotate lalu klik & drag mouse di layar 1/2/3 ,
setelah saya rasa pas posisi, ukuran dan rotasi dari scope yg saya import tadi lalu saya doble klik lagi groups>file.smd yg akn diatur smpai sketsa dilayar 1,2&3 tadi berwarna merah , lalu klik Joints > cari bones yg merupakan bones asli dari bone ak47 tadi lalu saya asign file .smd(scope) tadi .
=====================================================================================
PENTING : JANGAN SAMPAI SALAH ASIGGN BONES NYA , karena jika salah assign bone nya , jika diberi animasi maka senjata akan hancur/misah2/gk jadi satu lagi .
=====================================================================================
setelah saya assign , lalu saya tes dengan menggunakan animasi , caranya : klik file >import > half life smd> pilih salah satu sequences (shoot,reload,draw atau yg lain) akan ada box dialog dengan teks "Do you want to append the animation at the end of the curerent animation" pilih yes , lalu klik anime(dipojok bawah kanan tampilan ms3d) klik tanda ">" , lihat weapon saat animasi bergerak , jika tetap bersatu dan sudah terasa pas , klik lagi anime
----------C-----O----N----T-----O-----H--||--S------E------L----E-----S----A----I----
back lagi ke step
8.distep ini ketelitian sangat dibutuhkan , pilih "Tools" > Halflife > edit Qc file( file .qc yg kita dapat saat mendecompile file)
9.tambhakan nama file .smd yg kita import tadi
=====================================================================================
contoh :
"v_ak47.mdl"
*/
$modelname "v_ak47.mdl"
$cd ".\"
$cdtexture ".\"
$scale 1.0
$cliptotextures
$bbox 0.000000 0.000000 0.000000 0.000000 0.000000 0.000000
$cbox 0.000000 0.000000 0.000000 0.000000 0.000000 0.000000
$eyeposition 0.000000 0.000000 0.000000
== sebelum diedit ==
//reference mesh(es)
$body "studio" "v_ak47"
$body "studio" "hands"
== setelah ditambahkan ==
//reference mesh(es)
$body "studio" "v_ak47"
$body "studio" "hands"
$body "studio" "scope"
=====================================================================================
10.setelah slesai menambhakan file .smd jangan lupa save file .qc nya
11.next kembali ke ms3d , klik tools > compile Qc file > arahkan ke file .qc yg telah kita edit tadi> klik open
jika berhasil , maka akan mncul file .mdl dgn nama yg sma dgn file .qc
selesai , lihat model yg kita buat tadi dengan menggunakan half life model viewer / dengan jed's model viewer , atau bisa langsung di copy ke folder Counter strike
setelah dicoba , berhasil , berarti selesai , senjata yg anda edit
=====================================================================================
saya rasa tutor ini sudah cukup lengkap , dan jika ada kekurangan saya mohon maaf , karena saya masih newbie ,
jika ada masalah , silahkan tanyakan .
tetapi jgn keluarkan pertanyaan2 bodoh yg seharus na anda bisa melakukan hal tersebut
=====================================================================================
credits: angga eldi pratama as Newbie_Skinner™
=====================================================================================
thx to : master skinner hessho sky's dante
master skinner Revolt (NotSoPro)
yang sudah memberikan banyak ilmu sehingga saya bisa mengedit weapon + menulis tutorial ini .
bandar lampung ,31 maret 2011
----------angga-------------